Kerudung

Saya sekadar ingin mengungkapkan rasa penasaran yang menyelimuti benak saya yang kecil ini. Terutama mengenai kerudung. Zaman dulu kala ketika saya masih seorang bocah ingusan di kawasan Kemanggisan, ibu saya cukup ketat dalam hal memakai kerudung. Dia tidak akan sekali-sekali membiarkan kepalanya terekspos tanpa mengenakan kerudung saat bepergian keluar rumah. Bahkan jika ada tamu yang bukan anggota keluarga, ibu saya akan tetap memakai kerudung saat menyambut tamu tersebut.

Dan saya pikir semua orang seperti itu.
Ternyata tidak. Ada dunia di mana kerudung hanya dipakai saat ke sekolah. Saya mengetahuinya dari beberapa teman baru saya. Jujur saja saya agak terkejut mendapati hal demikian. Sebab saya pikir di S, penduduknya relijius. Dari sekitar 250 teman baru saya, saya perkirakan 50% ingin melihat orang tua mereka naik haji. Tujuan hidupnya didasari pemahaman agama. Saya lalu jadi heran ketika melihat beberapa murid perempuan yang datang ke sekolah menggunakan kerudung tapi tidak ragu juga memajang gambar tak berkerudung di media sosial. Mungkin dunia saya terlalu sempit. Yang jelas ini jadi menanamkan keraguan di benak saya.

Pakai kerudung yang sesuai aturan itu yang bagaimana?

Bagi saya tidak perlu dibahas soal kerudung-kerudung yang menggunakan model aneh-aneh seperti ditambahi kepang. Cuma membuat penggunanya terlihat konyol. Apalagi penggunaan istilah hijab halal. Makin membuat saya geli.

 

Apakah mereka yang datang ke sekolah perlu dikritik atau didukung? Saya yang jelas merasa niat mereka masih setengah-setengah dalam mengikuti aturan agama. Setidaknya dari pemahaman saya yang masih sangat dangkal, mereka masih kurang serius. Tapi lalu apa yang perlu saya lakukan? Menegur mereka saat rambut mereka berhamburan kemana-mana? Lah malahan ada waktu di mana rambut mereka semua terurai. Jadi terkesan konyol. Lah aku kudu piye?

Advertisements

2 thoughts on “Kerudung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s