The Americans (2)

Saya baru menyelesaikan serial The Americans season kedua hari ini. Serial yang sempat vakum saya ikuti karena alasan klise: keterbatasan akses internet. Saya menyukai serial ini karena temanya menurut saya tidak banyak diusung oleh serial lainnya : peliknya hidup sebagai agen intelijen di negara musuh sekaligus mengelola rumah tangga yang menjadi kamuflase.

Yep, Philip dan Elizabeth Jennings adalah dua agen KGB yang menetap di Virginia dan sehari-hari menyamar sebagai pasangan yang bekerja di agen perjalanan. Untuk menambah kerumitan hidup, Philip yang memiliki nama Soviet berupa Mischa, berpura-pura juga sebagai Clark yang di akhir season pertama menikahi Martha yang merupakan sekertaris dari Gaad yang bekerja di FBI.

Di season kedua ini, kejutan terbesar datang ketika Philip dan Elizabeth mendapati bahwa Jared, anak dari Leon dan Emmett yang juga merupakan agen KGB di AS, ternyata sedang dipersiapkan untuk menjadi generasi kedua dari ‘ilegal’. Ilegal adalah sebutan yang disematkan kepada semua agen KGB yang bekerja di Amerika Serikat. Tujuan dari pembibitan generasi kedua ini adalah untuk menyusup ke dalam badan-badan penting milik AS seperti FBI dan CIA. Jared, seperti juga Paige (putri pertama pasangan Jennings) akan lebih mudah untuk diterima di FBI misalnya karena latar belakang mereka yang dilahirkan di Amerika Serikat, berbeda dengan orangtua mereka.

Jared didekati oleh Kate yang bekerja sebagai penghubung Jennings dan kantor cabang mereka di Rezidentura. Kantor pusat di tanah air mereka selalu disebut sebagai “The Centre”. Yang menyakitkan lagi adalah Jared didekati oleh Kate tanpa sepengetahuan Leon dan Emmett yang menolak mempersembahkan anak mereka untuk mengabdi kepada negara.

Perbedaan pendapat ini, di salah satu episode memuncak kepada Jared menghabisi nyawa seluruh anggota keluarganya. Awalnya hanya ayah dan ibunya namun adiknya tidak luput dari maut yang dia antarkan karena Jared tidak yakin adiknya akan diam melihat semua perbuatannya dan membahayakan keselamatan penyamaran Jared.

Di penghujung episode 13, Philip mendatangi Gaad di sebuah toko buku dan secara tegas mengatakan bahwa The Centre jangan coba-coba mendekati Paige untuk dijadikan ilegal sama seperti orangtuanya. Meskipun Paige sendiri sedang berada di dalam fase di mana dia mencari tujuan hidupnya, ditandai dengan dia mengikuti demonstrasi anti nuklir bersama jemaat gerejanya di Pennsylvania. Sebelumnya, Paige sempat bertengkar dengan kedua orangtuanya sebab Philip dan Elizabeth, sangat meyakini bahwa agama adalah candu.

Keterlibatan Paige di gereja diawali dengan rasa kehilangan dan kebingungan yang melanda dirinya. Paige mulai menyadari bahwa kedua orangtuanya memiliki kehidupan lain yang dia tidak pahami. Terkadang dia menangkap kesan bahwa kedua orangtuanya berselingkuh di luar rumah.

Season dua ini juga mengangkat tema tentang kehadiran ARPANET dan teknologi siluman yang mulai dikembangkan oleh Amerika Serikat untuk mengelabui radar milik Uni Soviet.

Selain itu, hubungan rumah tangga tetangga keluarga Jennings, Stan Beeman yang merupakan agen FBI semakin menuju kehancuran karena dia meneruskan perselingkuhannya dengan pegawai Rezidentura , Nina Sergeevna yang sebenarnya merupakan agen ganda. Bahkan Nina menjalin hubungan juga dengan Burov, pegawai baru di kantornya yang posisinya langsung melejit karena latar belakang keluarganya yang cukup terpandang.

Kalau melihat rumitnya kehidupan tokoh-tokoh rekaan ini, kadang saya bersyukur bahwa itu bukanlah kehidupan yang saya jalani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s